Senin, 29 November 2010

Metode Riset BAB 3

BAB III

METODE PENELITIAN


Jenis Data dan Sumber Data
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 40 orang konsumen (pelanggan) sebanyak 10 pertanyaaan yang dilaksanakan di Bakso Subur untuk mengetahui seberapa besar analisis kepuasan komsumen terhadap pelayanaan Bakso Subur. Data yang di analisis menggunakan metode uji chi square dan uji skala likert.

Populasi dan Obyek Penelitian
Metode Pengambilan Data
Proses penilaian, pengumpulan dan perhitungan data dari penyebaran kuisioner yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Pengambilan Sampel
Pengambilan sampel dilakuakan dengan cara system acak (system ramdom sampling) di Bakso Subur.
2. Bentuk Pertanyaan Bentuk pertanyaan adalah tertutup, yaitu jawaban dari soal yang diberikan sudah disediakan sehingga responden atau konsumen tinggal memilih jawaban yang sesuai.
3. Kriteria Penilaian
Untuk mengetahui Analisis Kepuasan Konsumen terhadap pelayanan yang ada pada Pada bakso subur yang berupa data kualitatif tersebut diubah menjadi data kuantitatif.

Ada pun metode yang digunakan :
a. Uji chi square dalam mencari kecocokan Uji chi square untuk mencari kecocokan (good of fit) digunakan untuk menguji apakah distribusi frekuensi yang diamati menyimpang secara signifikasi dari suatu diatribusi frekuensi hipotesis atau yang diharapkan.

b. Uji chi square tentang ketidaktergantungan Uji chi square juga dapat dikembangkan untuk menguji apakah beberapa ukuran nominal, berhubungan satu sama lain atau tidak. Atau dengan perkataan lain, apakah dua atau lebih distribusi populasi didistribusikan dalam bentuk sama dan sehubungan dengan kriteria yang diinginkan. Dalam mengambil sampel biasanya ditempuh dua cara. Cara pertama, adalah dengan menarik sebuah sampel sederhana dari populasi, kemudian darinya dibuat table kontigensi. Kedua, dari masing-masing populasi ditarik sebuah sampel secara random, dan kemudian dibuat table kontigensi. Dengan degree of freedom = (k-1)(b-1)

c. Skala likert merupakan teknik pengukuran sikap yang paling luas digunakan dalam riset pemasaran. Variable penelitian yang diukur dijabarkan dalam indicator variable yang kemungkinan dijadikan sebagai titik tolak penyusunan item-item instrument, bisa berbentuk pertanyaan dan peragaan. Teknik pengukuran atau penskalaan yang digunakan adalah skala likert. Penelitian terhadap pernyataan diberi bobot nilai 5 untuk penilaian Sangat Puas , bobot nilai 4 untuk penilaian Puas, bobot nilai 3 untuk penilaian Cukup Puas, bobot nilai 2 untuk penilaian Kurang Puas, bobot nilai 1 untuk penilaian Tidak Puas.langkah-langkah dalam skala likert adalah :
1. Mengumpulkan sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Responden diharuskan memilih salah satu dari sejumlah kategori jawaban yang tersedia. Kemudian masing-masing jawaban diberi skor tertentu (misalnya 1, 2, 3, 4, dan 5).
2. Membuat skor total untuk setiap orang dengan menjumlah skor untuk semua jawaban. Selanjutnya dibuat rentang skala yaitu ;
a. Jumlah skor tertinggi x total responden (batas atas)
b. Jumlah skor terendah x total responden (batas bawah)
3. Menilai kekompakan antar pertanyaan. Caranya adalah dengan membandingkan jawaban antar dua responden yang mempunyai skor total yang sangat berbeda, tetapi memberikan jawaban yang sama untuk suatu pertanyaan tertentu.
4. Pertanyaan yang kompak dijumlahkan untuk membentuk variable baru.

Variabel Penelitian
Indikator pengukur variabel yang digunakan adalah:
1. Variabel jenis kelamin :
a. Banyaknya konsumen wanita.
b. Banyaknya konsumen Pria.

2. Variabel usia konsumen :
a. Konsumen dengan usia <17thn.
b. Konsumen dengan usia 17-25thn.
c. Konsumen dengan usia > 25thn.

3. Variabel Kepuasan :
a. Keandalan.
b. Daya tanggap.
c.Kemampuan.
d. Fasilitas.
e. Emphaty

Model Penelitian
Variabel Penelitian
Variabel Keteranagan Jenis Notasi
Y1 Kepuasan konsumen Variabel Terikat Ykk
X1 Keandalan Variabel Bebas Xa
X2 Daya tanggap Variabel Bebas Xdt
X3 Kemampuan Variabel Bebas Xk
X4 Fasilitas Variabel Bebas Xf
X5 Emphaty Variabel Bebas Xe
Dari tabel diatas maka akan didapat model penelitian sebagai berikut:
Ykk = Xa + Xdt + Xk + Xf + Xe + e
Metode Analisis Data
Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik dengan mengggunakan analisis validitas dan reliabilitas,. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 11.0. karena keterbatasan waktu, maka jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 40 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar