Jumat, 19 November 2010

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Kepuasan Pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dan diharapkan. Kebutuhan pelanggan (customer requirement) sebagai karakteristik/atribut barang atau jasa yang mewakili dimensi yang oleh pelanggan dipergunakan sebagai dasar pendapat mereka mengenai jenis barang atau jasa. Kualitas jasa adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Dalam pengembangan suatu usaha dibutuhkan pemasaran yang jitu. Pemasaran merupakan salah satu unsur dalam kegiatan usaha,terutama makanan siap saji, kebijakan yang diambil dalam pemasaran akan mempengaruhi maju mundurnya usaha tersebut. Karena yang dihadapi saat ini bukan hanya bagaimana pelayanan aja, tetapi yang paling penting adalah beberapa cara pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli menurut Kothler (2000) yang mempunyai peranan yang sangat penting harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion).
Dalam hal menghadapi persaingan di dunia usaha, Bakso Subur mencoba menciptakan pelayanan yang baik serta cita rasa yang berbeda dengan usaha sejenis lainnya. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk menganalisis tingkat kepuasan yang di rasakan oleh konsumen Bakso Subur.
Untuk meningkatkan dan mempertahankan usaha serta persaingan yang ketat diperlukan suatu cara, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen maka tingkat penjualan dipastikan akan naik. Oleh sebab itu konsumen harus dipuaskan, jika tidak ini akan berdampak buruk bagi usaha itu sendiri, seperti menurunnya pendapatan dan hilangnya pelanggan, hal tersebut dikarenakan konsumen sangat penting sebagai pendapatan, maka perusahaan ini harus berusaha untuk memaksimalakan pelayanaan terhadap pelanggan.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk memberi judul tentang ” Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakso Subur di Wilayah Perumnas 1 Bekasi”.


1.2 MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen pada Bakso Subur?
2. Apa sajakah startegi yang dilakukan oleh Bakso Subur dalam menarik konsumen?
3. Apakah jasa pelayanan yang diberikan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen Bakso Subur?

1.3 TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari pada penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen
Bakso Subur
2. Untuk mengetahui strategi yang dilakukan Bakso Subur dalam menarik konsumen.
3. Untuk mengetahui jasa pelayanan yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen bakso subur
Bakso Subur.

1.4 KERANGKA PEMIKIRAN
Objek Penelitian
Pada penelitian ini, objek penelitian adalah konsumen Bakso Subur.

Metode Pengambilan Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang dijadikan sebagai obyek penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jenis sampelnya adalah simple random sampling. Dalam teknik purposive sampling, seseorang atau sesuatu diambil sebagai sampel karena peneliti menganggap bahwa seseorang atau sesuatu tersebut memiliki informasi yang diperlukan bagi penelitiannya.
Dalam penelitian ini, respondennya adalah konsumen yang kebetulan berada di Bakso Subur pada saat pengumpulan data melalui kuesioner. Besarnya sampel yang diperlukan 20 responden.
Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner sehingga responden dapat memberikan jawaban atas pertanyaan secara tertulis
Validitas dan Reliabilitas
Validitas adalah suatu ukuran yang mengukur sah atau valid tidaknya suatu instrumen (kuesioner). Suatu instrumen yang valid atau sah mempunyai validitas yang tinggi, sebaliknya instrumen yang kurang valid berarti memiliki validitas yang rendah (Ghozali, 2005:45).
Validitas konsep adalah tipe validitas yang menunjukkan seberapa baik hasil yang diperoleh dari penggunaan ukuran cocok dengan teori yang mendasari desain tes (Sekaran, 2006:44).
Reliabilitas/keandalan adalah alat ukur untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk. Suatu kuesioner dikatakan reliabel atau handal jika jawaban seseorang (responden) terhadap pertanyaan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu (Sugiyono, 2004:41).

Alat Analisis Yang Digunakan
Pada penelitian ini, alat analisis yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan uji chi square dan uji skala likert.

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakso Subur
Dari hasil yang di dapat bahwa dari 20 responden, sebanyak 25% (5 responden) menyatakan sangat puas, 40% (8 responden) meyatakan puas , 25% (5 responden) menyatakan cukup puas, 10% (2 responden) menyatakan kurang puas, dan 0% (0 responden) Menyatakan tidak puas Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata konsumen merasa Puas dengan keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh Bakso Subur.

JUDUL : TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN BAKSO
SUBUR DI WILAYAH PERUMNAS 1 BEKASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar